KAMPUNG CAI RANCA UPAS


Dulu, tempat ini dinamakan Bumi Perkemahan Ranca Upas, daya tarik dari tempat ini diantaranya adalah tempat kemah dan penangkaran rusa. Tapi kini, berubah menjadi Kampung Cai Ranca Upas, karena telah dibangun kolam renang air panas alami yang bersumber dari Gunung Patuha dan juga fasilitas lain yang mendukung agenda wisata kalian sobat Traveler. Kampung Cai Ranca Upas memiliki lahan seluas 215 Ha dan dapat menampung sekitar 10.000 orang. Saking luasnya area ini, kalian bebas ingin berkemah dimana saja, asal jangan di rumah mantan. Apalagi si Dia udah bahagia Bersama yang lain . Okey, LUPAKAN!

Kampung Cai Ranca Upas berada di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Letaknya tidak jauh dari Kawah Putih. Kurang lebih 50KM jarak dari Pusat Kota Bandung. Bagi kalian yang memakai kendaraan pribadi, kalian memerlukan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Walaupun perjalanan nya cukup panjang, tapi rasa letih kalian pasti bakal terbayar kok dengan keindahan alam di tempat ini. Trust me! It’s works!

Fasilitas Kampung Cai Ranca Upas

  • Area Camping

Dari area perkemahan, kalian akan menjumpai area Hutan Lindung. Di sana terdapat pepohonan yang sudah jarang sekali kita temukan seperti Pohon Huru, Pasang dan juga Kurai. Suara kicauan burung pun akan menyambut kedatangan kalian loh. FIX! Tempat ini adalah tempat yang cocok bagi kalian yang ingin melepas penat. Oiya, suhu udara disini cukup dingin loh. Pada malam hari, suhu di kawasan ini bias mencapai 0 derajat celcius dan 17-20 derajat celcius di siang hari. So, bagi kalian yang JOMBLO, tidak disarankan dating ke tempat ini kecuali kalian membawa pakaian dan jaket yang tebal. Karena dinginnya suhu disini dapat membeku kan hati dan perasaan kalian . Mau Camping tapi males bawa peralatan camping? Tenang aja, disini juga ada tempat penyewaan peralatan camping kok. Seperti tenda, sleeping bag, dll.
  • Penangkaran Rusa


Raisa aja Mainnya ke Ranca Upas
Selain area camping, Kampung Cai Ranca Upas juga memiliki area Penangkaran Rusa. Yang dimaksud Rusa disini bukanlah istilah dari 2 hari setelah hari ini ya, itu Lusa hehe. Rusa disini adalah rusa jawa atau Cervus Timorensis yang statusnya merupakan hewan yang dilindungi. Rusa jawa memiliki bulu kaki yang lebih terang dari bulu di tubuhnya. Sedangkan bulu pada tubuhnya berwarna merah sedikit kecoklatan. Di tempat penangkaran ini kalian dapat mengamati perilaku rusa dari dekat. Bahkan kalian bisa memberi makan rusa rusa dengan makanan yang sudah disediakan oleh petugas. So, kalian ga perlu repot repot membawa makanan dari luar apalagi menyeduh kopi dan mie instan untuk rusa. 😊 Oh iya, Mimin juga pernah Preweb disini loh sama Raisa
  • Area Outbound

Kampung Cai Ranca Upas juga menyediakan kegiatan outbound yang isi nya merupakan kegiatan kegiatan yang menarik seperti games, tantangan, juga tracking di hutan. Waaahh kebayang kan serunya?. Biasanya kegiatan ini di ikuti oleh siswa sekolah untuk acara persami atau pramuka. Tapi tak sedikit pula para karyawan yang mengadakan gathering perusahaan disini. Di sekitar lokasi outbound juga disediakan fasilitas seperti toilet, warung, dan masjid.

Fasilitas pendukung lainnya seperti live music, api unggun, dll  dapat disediakan sesuai dengan kebutuhan kalian. Bahkan bagi kalian yang ingin camping manja seperti tidur di Kasur yang empuk dan makan prasmanan juga bisa. Itulah mengapa kawasan ini sangat cocok untuk acara outbound/gathering.
  • Kolam Renang

Kolam Renang
Ditengah dingin nya suhu Ranca Upas, kalian bisa berendam air hangat loh guys! Buat para jomblo jomblo yang kedinginan karena ga ada yang menghangatkan, ini adalah lokasi yang tepat untuk kalian sambil merenung.



  • Paint Ball

Masih berkaitan dengan status jomblo tadi, Ranca Upas juga menyediakan fasilitas latihan tembak menembak bagi kalian para tuna asmara. Hehe…
Okey, seperti yang kalian tau, Paintball merupakan permainan yang memberikan sensasi ketegangan juga melatih analisis dan kerja sama tim. Perlengkapan Paintball disini sangat lengkap dan ada instruktur yang akan memberikan pengarahan sebelum bermain. Kalian akan merasakan sensasi berada di zona perang.
  • Pusat Oleh-oleh

Setelah kalian bergembira ria, rasanya kurang lengkap kalo pulang tanpa buah tangan. Nah, salah satu oleh oleh khas Ciwidey adalah dodol strawberry. Gak sulit kok buat nyari penjual dodol strawberry disini. Karena biasanya penjual dodol strawberry berada di kawasan Ranca Upas. Dodol strawberry ini dibuat oleh penduduk local. Kebanyakan dari mereka juga memiliki kebun strawberry sendiri. Pembuatan nya pun sangat alami, so jangan khawatir dengan bahan pengawet ya traveler.




HARGA TIKET MASUK KAMPUNG CAI RANCA UPAS

Tiket masuk /orang      :   Rp 20.000 (Update Maret 2019)
Kendaraan roda 2         :   Rp 2.000
Kendaraan roda 4         :   Rp 5.000
Kendaraan roda 6/Bus   :  Rp 20.000

JAM OPERASIONAL
Kampung Cai Ranca Upas buka setiap hari (Senin – Minggu) selama 24 jam

TIPS AND TRICK
  • Mengingat dinginnya suhu di kawasan ini, sebaiknya siapkan pakaian atau jaket tebal untuk menjaga suhu tubuh kalian tetap hangat ya traveler
  • Bagi kalian yang ingin camping, upayakan datang pada siang atau sore hari atau saat hari belum gelap. Karena menurut mimin, ada baiknya kalian untuk menentukan lokasi camping yang kalian inginkan. Nah, hal ini akan sulit dilakukan jika kalian datang disaat hari mulai gelap.
  • Dalam menentukan lokasi camping, mimin sarankan carilah lokasi camping yang dekat dengan sumber air (toilet). Disini udah banyak kok fasilitas toiletnya, so, manfaatkan lah 😉


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Bandung Holiday merupakan bagian dari Astrajingga Tour Group yang bergerak di bidang pelayanan jasa Pariwisata Indonesia khushsnya Bandung Raya. Kami memiliki pengalaman bertahun- tahun serta staff lapangan yang handal dan informatif.

0 komentar