TANGKUBAN PERAHU


“Belum ke Bandung kalau belum ke tangkuban perahu.” Itulah kata- kata dari wisatawan yang dating ke Bandung. Memang Tangkuban Perahu merupakan destinasi iconic Bandung, karena tempat ini memiliki sejarah dan urban lagend yang bahkan di ajarkan di sekolah- sekolah dasar. Lebih dalamnya kita bahas satu persatu mengenai Tangkuban Perahu.

Urban Legend Gunung Tangkuban Perahu
Tangkuban Perahu dari Kota Bandung

Gunung Tangkuban Perahu terletak di Provinsi Jawa Barat, tepatnya sekitar 30 Km ke Arah Utara Kota Bandung. Gunung ini memiliki tinggi 2.084 Mdpl dengan dominasi pohon pinus dan di kelilingi perkebunan teh. Sejarah gunung tangkuban perahu sering di kaitkan dengan legenda cinta terlarang Sangkuriang, yang di kisihkan jatuh cinta kepada ibunya sendiri yaitu Dayang Sumbi/ Rarasati. Singkatnya, Sangkuriang dan Dayang Sumbi hidup terpisah saat Sangkuriang masih kecil, kemudian setelah dewasa Sangkuriang mengembara dan beretamu dengan Dayang Sumbi. Terkesima oleh kecantikan Dayang Sumbi, Sangkuriangpun jatuh cinta, padahal itu ibunya sendiri. Sangkuriang saat itu tidak mengenal jika itu adalah ibunya sendiri, namun berbeda dengan Dayang Sumbi yang tahu jika pria yang mencintainya itu adalah Sangkuriang anaknya sendiri. Untuk menggagalkan niat anaknya untuk menikahinya, Dayang Sumbi memberikan syarat agar Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam satu malam hingga matahari terbit. Ketika usahanya gagal, Sangkurian marah dan menendang perahu yang dibuatnya itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Nah, perahu itulah yang kemudian membentuk sebuah gunung, yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Walau memang ini hanya legenda, tapi jika kita lihat Tangkuban Perahu dari jauh menyerupai sebuah perahu yang terbalik. Inilah hebatnya Bandung Sobat Traveler, gak ada laut tapi ada perahu besar yang tertelungkup. Hehe..

DAYA TARIK GUNUNG TANGKUBAN PERAHU
Tangkuban Perahu merupakan sebuah Gunung yang tentu saja memiliki suasana yang tenang dan udara yang sejuk. Selain itu, Tangkuban Perahu di kelilingi oleh hamparan kebun teh yang cukup luas yang tentu saja dapat memanjakan mata wisatawan. Gunung Tangkuban Perahu sendiri merupakan gunung aktif hingga kini dan memiliki beberapa kawah yang dijadikan sebagai DTW atau Daya Tarik Wisata, yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas.

Kawah Ratu
Kawah Ratu
Kawah Ratu merupakan kawah terbesar diantara kawah lainnya dan paling sering di datangi oleh wisatawan baik local maupun internasional.

Kawah Domas
Merupakan kawah yang kecil tapi memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya semburan air panas yang keluar dari dalam bumi. Wisatawan juga dapat merebus telur dengan cara memasukan terlur tersebut ke air panas, dan yang bikin lebih asiknya lagi nih, wisatawan dapat merendam kaki di air panas tersebut untuk melepas lelah dan menghilangkan pegal- pegal setelah seharian berwisata.

Kawah Domas
Kawah Upas
Kawah Upas
Kawah ini terletak cukup jauh di antara kedua kawah liannya. Untuk mengunjungi kawah ini, wisatawan di haruskan berjalan kaki dengan track yang cukup menannjak dengan jarak 1,2 km dari kawah ratu atau sekitar 30 menit. Kebanyakan wisatawan merasa enggan untuk mengunjungi kawah ini, karena mungkin diperlukannya tenaga ekstra sehingga jalan untuk menuju kawah ini dapat di bilang cukup sepi, namun tentu saja bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang hal ini bukan halangan, karena disepenjang perjalanan wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang indah dari rimbunan pohon di kanan kiri jalan.

FASILITAS TANGKUBAN PERAHU
Sebagai destinasi wisata legendaris di Bandung, tentu saja Tangkuban Perahu memiliki Fasilitas yang cukup lengkap untuk mempermudah wisatawan saat berkunjung.

Parking Area
Tangkuban Perahu merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang selalu penuh di kunjungi wisatawan terutama saat musim liburan tiba. Beberapa tahun kebelakang, kondisi Tangkuban Perahu sangat semerawut karena membeludaknya pengunjung yang membawa kendaraan namun lahan parkir sangat sempit. Rupanya hal itu disadari oleh pengelola sehingga saat ini telah di buat sebuah parking area di bawah Kawah Ratu, sehingga kendaraan besar dapat parkir di bawah dan sisanya akan di antar menggunakan shuttle.

Sarana Peribadatan
Tangkuban Perahu memiliki area yang sangat luas, sehingga tempat beribadah sangat diperlukan, karena wisatawan dapat menghabiskan waktu berjam- jam untuk mengeksplore destinasi ini. Sarana peribadatan disini cukup luas dan bersih, jadi wisatawan dapat beribadah dengan khusuk.

Toilet
Terdapat banyak toilet di destinasi ini, sehingga bagi wisatawan yang mengalami serangan dadakan ingin buang air, tidak perlu bingung. Hehe

Souvenir
Kebanyakan, souvenir yang dijajakan di destinasi ini adalah souvenir dari kerajinan tangan warga setempat, mulai dari pulpen dari bamboo yang di ukir, kerajinan pahatan kayu, hingga pajangan rumah yang memang sebagian besar berbahan bamboo dan kayu.


Nah itulah beberapa sejarah, daya tarik dan fasilitas yang ada di Tangkuban Perahu. Gimana? Tertarik mengunjungi Tangkuban Perahu? Buka LINK INI untuk info wisata lebih lengkap.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Bandung Holiday merupakan bagian dari Astrajingga Tour Group yang bergerak di bidang pelayanan jasa Pariwisata Indonesia khushsnya Bandung Raya. Kami memiliki pengalaman bertahun- tahun serta staff lapangan yang handal dan informatif.

0 komentar